PENYALURAN BLT-DD BULAN OKTOBER-DESEMBER TAHUN 2023

  • Dec 28, 2023
  • Montongsekar

Pada hari rabu, tanggal 20 Desember 2023 telah dilaksanakan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total 62 KPM di seluruh wilayah Montongsekar. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Montongsekar pukul 08.00 WIB hingga selesai, di Balai Desa Montongsekar.

BLT-DD merupakan bantuan uang kepada masyarakat miskin di desa yang bersumber dari Dana Desa untuk mengurangi dampak pandemi COVID-19. Nilai dari BLT-DD adalah Rp 300.000 setiap bulan. Adapun kriteria penerima BLT-DD adalah keluarga miskin baik yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosisal (DTKS) maupun yang tidak terdata (exclusion error) yang memenuhi kriteria sebagia berikut:

  1. Tidak mendapat bantuan PKH/BPNT/pemilik Kartu Prakerja
  2. Mengalami kehilangan mata pencaharian (tidak memiliki cadangan ekonomi yang cukup untuk bertahan hidup selama tiga bulan kedepan)
  3. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis
  4. Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, atau penyandang disabilitas

Kegiatan penyaluran BLT-DD ini berjalan dengan lancar dan kondusif seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya. Dengan adanya BLT-DD ini diharapkan bisa membantu meringankan perekonomian KPM.